21 Struktur Ginjal Manusia, Gambar, Bagian, Fungsi dan Penjelasannya Lengkap

Ginjal manusia merupakan organ utama dalam sistem eksresi (pengularan zat sisa). Ginjal manusia berbentuk seperti kacang merah dengan ukuran panjang sekitar 13 cm, lebar 8 cm, tebal 1,5 cm dan berat 400 gram. Ginjal terletak di belakang perut, tepatnya di bawah hati dan limpa.

Pada bagian atas ginjal terdapat kelenjar adrenal atau disebut juga sebagai kelenjar suprarenal. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya dalam bentuk urine (air kencing).

Ginjal manusia berjumlah dua buah masing-masing berada dalam rongga perut bagian dorsal di kedua sisi tulang belakang. Letak ginjal kiri lebih atas dibandingkan letak ginjal kanan. Selama 1x24 jam, ginjal manusia dapat menyaring 170 liter darah. Darah sampai ke ginjal melalui arteri renal dan keluar melalui vena renal.

Struktur Anatomi Ginjal Manusia, Bagian-Bagian dan Fungsinya
Berikut ini adalah gambar struktur atau anatomi dasar ginjal manusia beserta bagian-bagian serta penjelasan dan fungsinya.
Struktur Ginjal Manusia, Gambar, Bagian, Fungsi dan Penjelasannya Lengkap
1. Korteks Ginjal
Korteks merupakan bagian terluar dari ginjal yang berfungsi sebagai tempat terjadinya filtrasi (proses penyaringan). Di dalam korteks terdapat nefron yang membuat permukaan ginjal lebih luas, nefron merupakan komponen utama dalam proses filtrasi zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Dengan demikian, korteks merupakan bagian yang paling utama dari ginjal. Tempat inilah muara asalnya urin berasal. Di dalam korteks terdapat jutaan nefron-nefron yang di dalamnya terletak badan Malpighi. Setiap badan Malpighi tersusun atas glomerulus, kapsula bowman, serta beberapa tubulus-tubulus pendukung untuk proses filtrasi.

2. Nefron Ginjal
Nefron adalah tempat penyaringan darah dalam ginjal. Nefron adalah unit fungsional terkecil dari ginjal yang terdiri atas tubulus kontortus proximal, tubulus kontortus distal dan duktus koligentes. Masing-masing ginjal manusia terdiri dari kurang lebih 1 juta nefron, dan setiap unit mampu membentuk urin.

Ginjal tidak dapat membentuk nefron baru, oleh karena itu jika ada kerusakan nefron karena trauma ginjal atau penyakit ginjal maka jumlah nefron akan turun secara bertahap. Fungsi atau kinerja nefron akan menurun kira-kira 10% setiap 10 tahun. Berkurangnya fungsi ini tidak mengancam jiwa karena perubahan adaptif.

Dengan demikian dapata dikatakan bahwa nefron merupakan struktur terpenting dari ginjal. Manusia memiliki dua jenis nefron, yaitu nefron kortikal dan nefron jukstamedularis. Nefron kortikal  mempunyai lengkung henle yang pendek, sedangkan nefron jukstamedularis memiliki lengkung henle yang lebih panjang.

80% nefron yang ada di ginjal manusia adalah nefron kortikal, sedangkan 20% sisanya lainnya adalah nefron jukstamedularis. Nefron terdiri atas beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut.
Tabel Bagian-Bagian Nefon Ginjal Manusia dan Fungsinya
No.
Bagian Nefron
Fungsi
1
Badan Malpighi
Sebagai tempat dimana terdapatnya alat penyaring darah
2
Glomerulus
Menyaring darah sehingga menghasilkan urine primer.
3
Kapsula Bowman
Mengumpulkan cairan hasil penyaringan glomerulus.
4
Tubulus Kontortus Proksimal
Melakukan penyerapan kembali (reabsorpsi) zat-zat pada urine primer yang masih dibutuhkan tubuh seperti asam amino, glukosa, garam dan air.
5
Lengkung Henle
Mengkonsentrasikan urea dan mencegah aliran balik urine.
6
Tubulus Kontortus Distal
Melepaskan zat (augmentasi) yang tidak berguna sehingga menghasilkan urine yang sesungguhnya.
7
Tubulus Kolektivus
Mengumpulkan urine dari beberapa nefron untuk dibawa ke pelvis.

3. Badan Malpighi Ginjal
Badan Malpighi adalah jaringan berbentuk piramida pada ginjal. Di sinilah nefron berada. Badan Malpighi juga terdiri atasa glomerulus dan kapsula bowman. Fungsi dari badan Malpighi adalah sebagai tempat di mana terdapatnya alat filtrasi (penyaringan) darah.

4. Glomerulus Ginjal
Glomerulus adalah simpul pembuluh darah yang sangat kecil yang terletak di depan nefron. Glomerulus menjadi tempat filtrasi (penyaringan) pertama dalam proses penyaringan urin.  Urine primer dari glomerulus akan dibawa menuju tubulus kontortus proksimal yang juga merupakan bagian dari nefron ginjal.

Glomerulus dikelilingi oleh kapsula Bowman yang berbentuk mirip cangkir. Glomerulus bersama dengan kapsula Bowman membentuk renal korpuskula. Berikut ini adalah fungsi glomerulus:
 Menyaring air, garam, asam amino, glukosa, dan urea pada proses di dalam ginjal.
 Mengatur tekanan dan volume darah dengan sel jukstaglomerular.
 Melakukan proses filtrasi yang merupakan salah satu dari tiga proses penyaringan darah pada nefron ginjal.
 Melakukan eliminasi toksin (racun) dalam darah.
 Menghasilkan urin primer yang masih harus diproses lagi.
 Mencegah molekul berukuran besar seperti protein masuk ke nefron.

5. Kapsula Bowman
Kapsula bowman adalah struktur kantong yang terletak pada permulaan dari komponen tubulus dari sebuah nefron pada ginjal. Kapsul bowman adalah kapsul yang membungkus glomerulus. Cairan dari darah pada glomerulus dikumpulkan di kapsula Bowman. Cairan tersebut kemudian akan diproses menjadi urin.

6. Lengkung Henle
Lengkung henle adalah bagian dalam nefron ginjal yang berfungsi sebagai penghubung antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Lengkung henle ditemukan oleh F. G. J. Henle. Fungsi utama dari lengkung henle adalah untuk membuat konsentrasi garam di medula dalam ginjal. Juga proses reabsorpsi terbesar terjadi di lengkung henle.

Lengkung Henle memiliki lubang lebih lebar daripada tubulus kontortus distal karena dinding lengkung henle terdiri dari sel-sel pipih dengan inti menonjok ke dalam lumen. Bagian tipis lengkung henle merupakan kelanjutan dari tubulus kontortus proksimal, sebagian besar berjalan turun (descendent) dan bagian tebal berjalan ke atas (ascendent). Bagian tipis menyerupai kepiler darah sehingga susah dibedakan.

7. Tubulus Kontortus Proximal

Tubulus kontortus proksimal merupakan bagian dari saluran nefron ginjal yang berperan dalam proses reabsorpsi. Fungsi utama tubulus kontortus proksimal adalah untuk melakukan reabsorpsi yang merupakan salah satu dari 3 tahap penyaringan darah.

Reabsorpsi adalah proses penyerapan zat pada urine primer yang masih berguna bagi tubuh seperti asam amino, protein, potasium, fosfat, dan natrium. Pada proses ini tubulus kontortus proximal menghasilkan urin sekunder.

8. Tubulus Kontortus Distal
Tubulus kontortus distal adalah saluran terakhir dari nefron ginjal. Urin sekunder yang telah melalui tubulus kontortus proximal dan lengkung henle kemudian akan di proses di dalam tubulus kontortus proximal yang kemudian akan menghasilkan urin yang sesungguhnya.

Urin itulah yang akan dikeluarkan manusia.Tubulus kontortus distal berfungsi untuk melakukan augmentasi atau melepaskan zat-zat yang tidak berguna atau berlebihan ke dalam urine sekunder sehingga menghasilkan urin yang sesungguhnya.

9. Tubulus Kolektivus
Tubulus kolektivus adalah bagian paling ujung dari nefron ginjal. Tubulus koletivus berbentuk seperti selang yang menjadi saluran terakhir dan terpanjang dalam ginjal. Tubulus kolektivus berfungsi sebagai tmpat penampungan urin sesungguhnya yang sebelumnya mengalami proses penyerapan di dalam nefron. Setelah meleawati proses di tubulus kolektivus, kemudian urin menuju ke pelvis dan di tampung sementara sebelum dikumpulkan dikantung kemih.

10. Medulla Ginjal
Medulla adalah bagian paling dalam dari ginjal yang terdiri dari sum-sum ginjal. Medulla dilindugi oleh korteks ginjal. Medula adalah tempat bagi berkumpulnya pembuluh darah kapiler yang berasal dari kapsul bowman. Dan di dalam medula ini terjadi proses yang disebut dengan reabsorbsi dan juga augmentasi, proses rearbsorsi dan augmentasi ini dilakukan oleh tubulus proksimal dan tubulus distal. Dan Fungsi dari medula ini adalah sebagai pengumpul urine yang seterusnya bermuara pada rongga ginjal.

11. Arteri Ginjal
Merupakan pembuluh nadi yang berguna untuk membawa darah ke dalam ginjal. Setelah sampai di dalam ginjal, maka darah tersebut masuk ke dalam glomerulus untuk di filter atau saring. Darah yang masih terdapat zat zat berguna seperti protein dan asam amino akan kembali di serap dan di gunakan tubuh. Jika darah tersebut hanya mengandung urea dan zat tidak berguna lainnya, akan berlanjut sampai kandung kemih.

12. Vena Ginjal
Vena ginjal merupakan bagian utama dari ginjal. Vena ginjal adalah pembuluh balik yang berguna untuk membawa darah keluar dari dalam ginjal menuju vena cava inferior. Urutan pemprosesan vena ginjal adalah setelah melewati Darah tersebut kemudian akan di alirkan kembali ke dalam jantung untuk di olah menjadi darah bersih atau yang mengandung oksigen.

13. Pelvis Ginjal
Pelvis ini berguna sebagai sebagai tempat penampungan sementara urin yang sudah difilter atau di saring di dalam ginjal. Nantinya jika tempat penampungan ini penuh, urin akan turun melalui ureter menuju kandung kemih. Jika kandung kemihnya penuh, maka syaraf dan otot akan berkontraksi untuk mengirimkan sinyal sinyal kuat ke bagian bagian otak manusia bahwa diri ingin segera buang air kecil.

14. Ureter Ginjal
Ureter merupakan merupakan bagian yang sangat berguna untuk mengalirkan urin yang sesungguhnya dari ginjal ke kandung kemih.  Ureter berbentuk seperti saluran maskuler yang silinder di dalam tubuh.

Panjang ureter adalah sekitar 20-30 dengan diameter maksimum sekitar 1,7 cm di dekat kandung kemih dan yang berjalan dari hilus ginjal yang menuju kandung kemih. Ureter terbagi menjadi pars abdominalis, pelvis dan intravesikalis. Dan ureter memiliki dinding ureter yang terdiri dari mukosa yang dilapisi oleh sel-sel transisional.

15. Uretra Ginjal
Merupakan saluran yang menyampungkan antara kandung kemih dengan lingkunga di luar tubuh. Uretra inilah merupakan satu satunya jalan air urin jeluar dari tubuh manusia. Selain berguna sebagai alat sistem ekskresi, uretra juga berperan dalam sistem seksual manusia.

16. Kandung Kemih
Merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai penyalur dan tempat penampungan air urin sementara sebelum dibuang. Di kandung kemih, urin masuk ke dalam kantung yang mana ketika sudah mulai penuh akan mengirimkan sinyal sinyal dari bagian otot dan syaraf yang di lanjutkan ke otak. Nantinya akan muncul respond an hasrat ingin buang air kecil.

Otot akan menahan air tersebut keluar, sampai individu tersebut menemukan tempat yang pas untuk membuang air kencing. Jika air urin yang ada di dalam tubuh sudah mencapai batas maksimal, otot tidak akan mampu untuk menahan kontraksi tersbut. Maka mau tidak mau akan keluar dengan sendirinya.

17. Renal Pelvis
Renal pelvis merupakan bagian dari ureter pada ginjal yang berbentuk seperti corong. Pada manusia, renal pelvis merupakan titik temu dua atau tiga renal calyx Setiap renal papilla dikelilingi oleh cabang renal pelvis yang disebut renal calyx.

Fungsi utama renal pelvis adalah sebagai saluran untuk mengalirkan urin dari ginjal menuju ke ureter. Banyak kanker ginjal ditemukan di lokasi renal pelvis. Selaput lendir pada renal pelvis diselubungi oleh jaringan epitel, serta jaringan ikat lapisan propria yang lembek sampai kental.

18. Kaliks Ginjal
Kaliks bagian ujung pelvis berbentuk seperti cawan yang mengalami penyempitan karena adanya duktus papilaris yang masuk ke bagian pelvis ginjal. Fungsi kaliks pada ginjal adalah mengatur sistem beliverdin dan bilirubin pada ginjal serta mengeluarkan zat amoniak pada air seni yang dikeluarkan. Kaliks juga berperan dalam penyaringan darah yang akan masuk ke tubulus.

19. Kelenjar adrenal
Merupakan salah satu kelenjar endokrin yang berada di atas ginjal dengan bentuk pyramid. Sangat berperan dalam control stress tubuh dalam sintesis kortikosteroid dan katekolamin. Stress dalam tubuh juga mempengaruhi produksi urin yang ada di dalam tubuh.

20. Vena cava inferior
Merupakan pembuluh balik terbesar yang ada di bagian bawah (dari badan sampai ke dua kaki). Pembuluh ini berfungsi sebagai penerima darah kotor atau yang mengandung CO2 (karbon dioksida)

21. Aorta Abdominalis
Merupakan pembuluh arteri terbesar yang ada, letaknya di civitas abdominalis atau di bagian rongga perut. Pembuluh ini yang membawa darah kiriman dari aorta decendens.

Comments